Breaking News

Sunday, June 12, 2016

Pengalaman Suka Duka Saat Membuat Penulisan Ilmiah


Disetiap Perguruan Tinggi pasti ada yang namanya penelitian, jurnal, tugas akhir, penulisan ilmiah dan lain lain. Salah satu kegiatan atau tugas yang diberikan diatas tadi adalah untuk melihat kemampuan mahasiswa dalam melakukan riset akademik, yang nanti akan dituangkan dalam bentuk penulisan. Kenapa dalam bentuk penulisan ? tentu saja agar masyarakat dapat mengetahui tata cara pembuatan riset tersebut. Tidak hanya itu dengan penulisan masyarakat dapat membuat sesuatu yang berhubungan dengan penulisan kita yaitu sebagai dasar patokan atau referensi. Salah satunya adalah penulisan ilmiah yang menjadi tugas penting akademik di seluruh Perguruan Tinggi.
Saya disini akan menceritakan pengalaman dalam membuat penulisan ilmiah. Di Universitas Gunadarma tempat saya kuliah mendapatkan tugas ini, tetapi tugas ini di dapatkan pada saat semester 6. Saya mengambil jurusan Teknik Informatika dan tugas ini saya dapatkan, tetapi tidak di dapatkan pada jurusan lain. Untuk jurusan saya tugas penulisan ilmiah berlaku karena sebagai riset pertama dan masuk SKS. Karena adanya penulisan ilmiah jurusan yang saya ambil tidak ada KKN ataupun PKL. Hanya beberapa jurusan yang ada di Kampus saya yang menerapkan KKN atau PKL.
Penulisan ilmiah yang wajib diikuti dalam jurusan saya bebas dalam membuat suatu aplikasi. Misalnya mulai dari Desktop Application, Mobile Application, Jaringan, Sistem Pakar, Pengendalian Robot, Local Base System dan lain lain. Disini saya awalnya ingin membuat Desktop Application yaitu aplikasi desktop berbasis windows. Saya ingin membuat daftar nama universitas yang ada di Indonesia. Kalau dibayangin banyak sekali dan membutuhkan waktu yang lama. Pada saat itu saya membuat judulnya “Daftar Universitas DI Seluruh Indonesia”, kalau dilihat tidak mungkin sekali karena saya harus memasukkan mulai dari profil, fakultas, jurusan, keterangan jurusan universitas satu persatu.
Waktu itu saya memulai dengan Bahasa Java, jujur padahal tidak terlalu bisa menggunakan Bahasa pemroograman itu. Tetapi saya ingin mencoba dan saya yakin pasti bisa. Setelah saya coba mulailah dengan tahap tahap yang saya bisa, di dalam aplikasi netbeans saya menggunakan Frame agar dapat diatur tata letak dari elemen elemen aplikasinya. Hanya sampai pembuatan kerangka di Frame saja karena setiap saya masukkan script atau kodingan selalu saja eror. Saya berusaha dan terus berusaha dan ternyata saya stak atau tidak melanjutkannya lagi untuk membuat Desktop Application. Dan akhirnya saya membuat sebuah VLAN virtual local area network.
Sewaktu semester 6 saya begitu malas mengerjakan penulisan ilmiah, karna saya sudah frustasi dengan judul pertama yang saya ambil pada waktu itu, untuk pembuatan aplikasi desktop. Setelah masuk semester 7 akhirnya teman saya membantu untuk membuat sebuah Vlan ini digunakan untuk rancang bangun sebuah jaringan di suatu perusahaan yang sudah berbasis IT. Awalnya di tolak saya disuruh buat yang lebih lagi dan akhirnya saya menambahkan sedikit metode CIDR dan VLSM Setelah semester 7 barulah Penulisan saya selesai dan akhirnya saya sidang pada bulan februari.


No comments:

Post a Comment